Rabu, 19 Oktober 2016

Persediaan Yang Belum Diregister

Sewajarnya Belanja dengan Akun Persediaan Akan Membentuk Barang Persediaan,

JURNAL NORMAL PERSEDIAAN
  • di Aplikasi SAIBA
D    Persediaan yang belum diregister
K    DKEL (Ditagihkan Ke Entitas Lain/ Kas)
  • di Aplikasi Persediaan
D    Persediaan
K    Persediaan yang belum diregister

Sehingga Apabila dikirimkan data dari Aplikasi Persediaan (melalui aplikasi SIMAK-BMN) ke Aplikasi SAIBA maka Jurnal yang terbentuk menjadi:
D    Persediaan
K    DKEL (Ditagihkan Ke Entitas Lain/ Kas)

Akan tetapi terkadang di Laporan Neraca SAIBA sering muncul Persediaan yang belum diregister hal ini dapat disebabkan oleh:
Adanya belanja dengan akun 521811 (Belanja Barang untuk Persediaan Barang Konsumsi) tetapi dibelanjakan untuk barang-barang yang tidak bersifat persediaan atau ada Barang Persediaan yang belum diinput di Aplikasi Persediaan. Jurnalnya :
  • Di Aplikasi SAIBA
D    Persediaan yang belum diregister
K    DKEL
  • Di Aplikasi Persediaan
tidak ada jurnal karena tidak diinput di Aplikasi Persediaan
sehingga apabila dikirimkan ke Aplikasi SAIBA maka akan muncul Persediaan yang belum diregister (positif) sebesar belanja yang dikeluarkan.

Adanya belanja selain akun belanja persediaan (misal: 521211, 521111, dll) yang membentuk barang persediaan dan diinput di Aplikasi Persediaan, hal ini juga akan mengakibatkan terbentuknya Persediaan yang belum diregister. Misalnya : Membeli Alat Tulis Kantor dengan Akun 521211 (Belanja Bahan) untuk seminar kemudian diinput di Aplikasi Persediaan. Jurnalnya :
  • Di Aplikasi SAIBA
D    Belanja Bahan
K    DKEL
  • Di Aplikasi Persediaan
D    Persediaan
K    Persediaan yang belum diregister

Sehingga apabila dikirimkan ke Aplikasi SAIBA maka Jurnal Keuangan (di aplikasi SAIBA) akan menambah di laporan LRA tetapi tidak mempengaruhi Neraca sedangkan Jurnal Barang (di aplikasi Persediaan) akan muncul di Neraca sebesar Nilai Persediaan dan Persediaan yang belum diregister yang diinput di Aplikasi Persediaan (minus).

Solusi : Jika memungkinkan Revisi POK dan Ralat SPM, namun jika tidak maka bisa dengan Jurnal Penyesuaian di Aplikasi SAIBA dengan Kategori 19 (Koreksi Beban-Aset)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar